Guna Cegah Fintech Ilegal, BRI Kembangkan Transaksi Open Banking

Guna Cegah Fintech Ilegal, BRI Kembangkan Transaksi Open Banking

14/04/2021 0 By publisher

macgregor – Bank Rakyat Indonesia atau BRI mengembangkan transaksi transaksi open banking melalui fungsi application programming interface (API), Supaya tidak kalah bersaing dengan perusahaan fintech ilegal.

Guna Cegah Fintech Ilegal, BRI Kembangkan Transaksi Open Banking

“Solusi utama untuk mencegah teknologi keuangan ilegal adalah dengan memberikan solusi yang lebih baik daripada teknologi keuangan ilegal. Inilah mengapa kami menyediakan sistem API untuk bank terbuka dari sisi perbankan,” kata Vice President Pengembangan dan Operasi Bank Digital PT BRI, Kholis Amhar di sela acara. webinar di Jakarta pada hari Selasa, 13 April 2021.

Kholis mengungkapkan Bank BRI menyediakan beragam produk digital yang tentunya memberikan solusi yang lebih baik dari pada teknologi keuangan ilegal.

Misalnya dari segi kemudahan. Misalnya fintech ilegal memberikan pinjaman cepat. Di CERIA hanya butuh 2 menit untuk mendapatkan pinjaman dan bunga yang jauh lebih kecil dari fintech ilegal. Seperti KUR digital, kami bekerjasama dengan e-commerce besar yang ada di Indonesia , “Kata Kholis.

Ia mengungkapkan, industri perbankan kini sedang mengalami perubahan. Masyarakat tidak hanya melakukan aktivitas sehari-hari di bank, tetapi juga mengembangkan berbagai layanan seperti e-commerce, ride hingga dompet digital.

“Sekarang, nasabah lebih dekat dengan fintech, e-commerce dan dompet digital. Untuk lebih membandingkan posisi bank, produk bank lebih merupakan produk yang digunakan untuk pembayaran di e-commerce dan layanan lainnya.

Bank BRI berharap BRI API dapat menjadi pintu gerbang untuk menjalin kemitraan digital dengan financial technology dan mengembangkan ekosistem digital. Bank BRI juga telah memperoleh sertifikat ISO 27001 dan PA-DSS yang dirancang untuk memberikan keamanan kepada pengguna.

“Melalui sertifikat ini, mitra kami yang menggunakan BRI API akan aman. Banyak mitra telah menggunakan layanan kami, seperti gojek, menjepret ekosistem kesehatan seperti halodoc, kemudian mulai dari agri ekosistem seperti sayur box. Jenis agro- ekosistem, lalu fintech dan e-commerce, “kata Kholis.

Melalui BRI API dan kerjasama dengan perusahaan fintech yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, Bank BRI berharap masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan terhindar dari jebakan fintech ilegal.

“Kami sedang mengembangkan perbankan terbuka, yang dapat mendorong fintech tumbuh bersama kami. Dibandingkan dengan fintech ilegal, ini dapat memberikan layanan yang lebih cepat, ”Ujar Vice President Digital Banking Development and Operation Division BRI tersebut.